Rabu, 02 Mei 2018

PENJELASAN PENGHANTAR

A. PENGHANTAR LISTRIK
sebelum kita menspesifikasi kabel kita harus tau apa itu PENGHANTAR LISTRIK 
PENGHANTAR LISTRIK adalah suatu zat yang bisa menghantar/mengalirkan arus listrik berupa zat padat, zat cair, maupun gas. karena bersifat konduktif atau bisa mengalitkan listrik maka disebut KONDUKTOR. KONDUKTOR yang baik memiliki tahanan yang kecil. pada umumnya logam bersifat konduktif. Emas, perak, tembaga, alumunium, zink, besi, dl
 berturut turut memiliki tahanan semakin besar. jadi sebagai penghantar emas adalah sangat baik, karena emas memiliki tahanan paling kecil, tetapi emas jarang di gunakan dikarenakan memiliki harga yang cukup mahal. jadi secara umum digunakan alumunium atau tembaga karena bahannya mudah ditemukan dan lebih murah.

B. PERSYARATAN PENGANTAR
 bahan-bahan yang dipakai untuk konduktor harus  memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut:
 1. konduktifitasnya cukup baik.
 2. kekuatan mekanisnya (kekuatan tarik) cukup tinggi.
 3. koefisien muai panjangnya kecil.
 4. modulus kenyalnya (modulus elastisitas) cukup besar.
  bahan bahan yang biasa digunakan sebagai konduktor, antara lain:
 1. logam biasa, seperti :tembaga, alumunium, besi dan sebagainya
 2. logam campuran (ALLOY), yaitu sebuah logam dari tembaga atau aluminium yang diberi campuran dalam jumlah tertentu dari logam jenis lain, yang gunanya untuk menaikkan kekuatan mekanisnya.
3. Logam paduan (composite), yaitu dua jenis logam atau lebih yang dipadukan dengan cara kompresi, peleburan (smelting) atau pengelasan (welding).

C. UKURAN KABEL
a. Jenis kabel
Berdasarkan penggunaanya dapat dibedakan menjadi :
  1. Kabel Power
Digunakan untuk instalasi dalam gedung maupun dalam tanah.
Berdasarkan tegangan maximum yang ditahan
  1. Low Voltage ( Beroperasi pada daerah tegangan 0,6-1 kV)
  2. Medium Voltage (( Beroperasi pada daerah tegangan 3,6-20 kV)
  3. High Voltage (( Beroperasi pada daerah tegangan 20-70 kV)
  4. Extra high Voltage (( Beroperasi pada daerah tegangan sampai 170 kV)
  5. Tabel Kabel Power

Kemampuan hantar arus kabel tanah berisolasi dan berselubung PVC dengan penghantar tembaga ( NYA, NYM, NYY, NYFGbY dan sebagainya) Tegangan kerja maksimum 1,8 kV arus searah untuk kabel 1 core dan 0,6/1 kV sistem fasa-tiga untuk kabel dua, tiga dan empat core. Suhu keliling 300C, suhu penghantar maksimum 700C, tahanan panas jenis tanah 1000C cm/watt.

D. JENIS JENIS PENGHANTAR

         a.Penghantar (Konduktor)
            Suatu bahan yang mudah sekali menghantarkan arus listrik (daya hantar listrik besar), sebab di dalam bahan tersebut terdapat elektron-elektron bebas dalam jumlah yang sama besar. Contoh: emas, perak, tembaga, besi, baja, dll.
   
         b.Setengah Penghantar (Semi-Konduktor) 
             Suatu bahan yang tidak baik untuk penghantar dan juga tidak baik untuk menyekat, yaitu bahwa bahan semi-konduktor ini tidak menghantarkan listrik sebaik tembaga, perak, alumunium, dsb. dan juga tidak dapat menyekat sebaik plastik, karet, dll. sebab di dalam bahan tersebut terdapat elektron-elektron bebas dalam jumlah sangat kecil. Contoh: germanium, silikon.
         c.Penyekat (Isolator)
              Suatu bahan yang sulit sekali menghantarkan arus listrik (daya hantar listrik sangat kecil sekali bahkan tidak dapat menghantarkan arus listrik sama sekali), sebab di dalam bahan tersebut tidak ada elektron-elektron bebasnya. Contoh: kertas, mika, plastik, keramik, dll.

            Nb: Elektron Bebas adalah elektron yang lepas dari ikatannya karena suatu hal. misal: dipukul, panas, dll.





            ya mungkin segini dulu untuk blog ini semoga bermanfaat ditunggu ya part selanjutnya hehehe saya akhiri wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian plc

kali ini saya akan membahas tentang pengertian PLC dan perbedaan jenis-jenis PLC langsung saja, Programmable Logic Controllers (PLC...