Selasa, 08 Mei 2018

Cara pembuatan ebook

Membuat Ebook merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk menerbitkan tulisan kita. Sebab dengan membuat ebook tidak perlu ada biaya cetak dan biaya kertas, semuanya gratis. Cara membuatnya pun super mudah. Selain itu, kita juga bisa menentukan desain cover atau sampul buku sesuai dengan keinginan kita.
Nah sebelum membuat ebook, kamu harus memahami sedikit tentang ebook. Supaya nantinya kamu bisa menentukan jenis ebook apa yang inginkamu buat. Serta cara mana yang ingin kamu pakai.

APA ITU EBOOK?

Ebook merupakan kepanjangan dari electronic book / buku digital. Dimana buku digital tidak berbentuk fisik seperti buku pada umumnya. Ebook berbentuk file digital yang bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat yang mendukungnya. Perangkat tersebut seperti PC, laptop, smartphone, tablet atau ebook reader seperti Kindle.
Format dari file ebook sendiri ada banyak macamnya, seperti ePUB, DJVU, CHM, PDF, dan PRC. Masing-masing format mempunyai aplikasi tersendii untuk membukanya. Sehingga apabila kita ingin membuat ebook, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah memutuskan format ebooknya seperti apa.
Namun untuk sekedar informasi, ebook dengan format PDF adalah yang paling banyak disukai. Sebab cara membuatnya super mudah dan hasilnya juga menarik serta tampilannya enak untuk dibaca.

CARA MEMBUAT EBOOK PDF DENGAN MS. WORD

Membuat Ebook PDF dengan MS. Word
Membuat ebook PDF dengan ms word. (kliping.co)
Cara yang satu ini bisa dibilang paling mudah dan hasilnya juga sangat memuaskan. Baiklah, tanpa berlama-lama, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buatlah tulisan yang kamu inginkan menggunakan aplikasi MS. Word di PC-mu. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan windows yang pastinya sudah sering kamu gunakan untuk mengetik dokumen-dokumen, bukan? Jadi tidak perlu dijelaskan lagi.
  • Setelah tulisan yang akan kamu terbitkan menjadi ebook sudah selesai, tambahkan image/gambar yang sudah kamu edit sebagai cover pada halaman awal file MS. Word (halaman 1 di draftmu).
  • Selanjutnya atur layout konten ebookmu semenarik mungkin. Pisahkan juga menjadi beberapa bab atau chapter, supaya pembaca mudah mengikuti isi ebook.
  • Jika pengaturan sudah selesai, selanjutnya simpan file ke dalam format PDF dengan mengeklik menu File > Save As > PDF or XPS.
  • Beri nama file ebookmu, lalu tunggu beberapa saat. Selamat, kamu sudah berhasil menerbitkan ebook perdanamu.
Sebagai catatan, Save As PDF or XPSdi MS. Word hanya ada di aplikasi MS. Word 2007 ke atas. Jika kamu masih menggunakan MS. Word 2003 ke bawah, maka fasilitas ini belum tersedia. Namun tidak usah berkecil hati, masih ada aplikasi conventer WORD to PDF atau online converter WORD to PDF.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian plc

kali ini saya akan membahas tentang pengertian PLC dan perbedaan jenis-jenis PLC langsung saja, Programmable Logic Controllers (PLC...